Destinasi Wisata

8 Wahana Wisata Edukasi di Taman Impian Jaya Ancol

Kini, Taman Impian Jaya Ancol, tidak sekadar Dunia Fantasi ataupun pantainya. Berbagai wahana baru yang diciptakan, tidak saja dibuat sebagai tempat hiburan namun juga untuk wisata edukasi. Ada 8 pilihan wahana yang bisa kita pilih untuk mengisi waktu liburan.

Salah satunya, Faunaland yang dibuka tahun lalu, tepatnya bulan Agustus 2017. Kebun binatang modern ini terletak di Taman Impian Jaya Ancol dan mempunyai luas 5 hektar. Tidak heran, Faunaland menjadi theme park terbesar di Asia Tenggara, sekaligus sebagai research center untuk penelitian ilmiah biodiversity.

Seperti yang kita ketahui, Nusantara memiliki keragaman fauna dan flora yang kaya namun masih jarang destinasi wisata yang memberikan aktivitas edukasi seperti Faunaland; mengajak masyarakat luas menjaga keutuhan ekosisitem yang terkait dengan kesejahteraan manusia; mensosialisasikan arsitektural dan budaya Indonesia; dan melakukan program konservasi bersama LIPI.  Faunaland memang wisata khusus fauna, tetapi orang tua dan anak-anak bisa melakukan beberapa aktivitas bersama yang bermanfaat. Bahkan, Faunaland menyediakan fasilitas wisata study tour untuk anak-anak sekolah dasar sampai perguruan tinggi.

Faunaland Ancol
Faunaland Ancol

Di area Ancol Ecopark kamu bisa menikmati berbagai destinasi

  1. Faunaland.  Dari atas kano, kamu bisa menjelajah fauna sambil menikmati pepohonan hijau nan rindang. Kano akan berlayar di atas danau buatan, 109 biota unik bakal membuat kita kagum dan ingin terus mengeksplorasi. Kakatua Jambul Kuning, Kuda Poni, Pelikan, Flaminggo, Bebek Mandirin, Cendrawasih, Kura-kura Aldabra, Singa Putih, dan banyak lagi yang kita bisa temui. Hanya mengeluarkan kocek Rp.75.000 kita sudah dapat menikmati kekayaan fauna yang indah tersebut.
Kano di Faunaland Ancol - destinasi wisata Jakarta - indoepic.com
Faunaland Ancol

Tidak hanya dari atas kano, tetapi juga bisa menyaksikan Bird Show dan memberi makan hewan-hewan yang berada di sana. Terletak di kawasan Ecopark Ancol.

2. Learning Farm. Berkebun, merupakan salah satu aktivitas yang mulai banyak dilakukan oleh

masyarakat. Di dalam Ocean Park Ancol,, kita bisa belajar cara berkebun—bercocok tanam sampai memanen, dan diberikan lahan sehingga kita benar-benar merasakan menjadi petani. Tentu diajarkan menggunakan pupuk terbaik (non kimia). Selain berkebun, ada program beternak juga, loh. Ajak sekitar 25 teman agar kamu bisa mengikuti program berkebun, ada 12 jenis sayuran yang bisa kamu pelajari, asyik, kan?

3. Eco-market. Merupakan pasar organik pertama dan terbesar di Jakarta. Bermacam-macam buah dan sayuran bebas pestisida ditawarkan, selain itu ada juga tanaman hias dan kerajinan tangan tradisional. Jika ke sini, kita dapat mengikuti aktivitas: senam pagi, demo pembuatan keramik, dan menikmati suguhan musik akustik. Eco-market dibuka pada pukul 06.00—10.00 di Ocean Ecopark Ancol. 

4. Rumah Energy. Dibangun dengan tujuan untuk memanfaatkan energi ramah lingkungan. Di sini, kita bisa mendapatkan wawasan mengenai biogas, pupuk cair dan padat organik, pupuk organik urin kelinci, efektif mikro-organisme, lampu organik bertenaga minyak kelapa, solar cell, dan lainnya. Pun, kita dapat mmepelajari cara pembuatan dan penggunaannya. Sudah waktunya, traveler sebagai penduduk bumi mulai menerapkan pengembangan energi alternatif ramah lingkungan.

5. Outbondholic. Bagi penyuka tantangan alam, tempat ini bisa jadi alternatif setelah menambah wawasan fauna. Outbondholic tidak hanya untuk orang dewasa, tapi juga bisa untuk anak-anak. Sebidang tanah seluas 1.5 hektar, tersedia area untuk trekking dan 4 zona (hijau, biru, merah, dan hitam) yang disesuaikan berdasarkan usia—sirkuit untuk usia 6—12 tahun, dan sirkuit untuk 12 tahun ke atas. Setiap zonanya mempunyai 8 permainan, dari sirkuit paling ringan sampai sirkuit terberat. Zona untuk dewasa berkapasitas maksimal 35 orang dan kapasistas untuk anak-anak sekitar 60 orang.

OutbondHolic dirancang untuk melatih: kepemimpinan dan kekompakan, personal & team confidence; kepercayaan diri individu dan kelompok , team work building ; kerjasama kelompok,  problem solving & decision making;  pemecahan permasalahan dan solusi, mentality development : pengembangan potensi diri, corporate development: pengembangan perusahaan, team work building ; membangun kerjasama kelompok, positive mental attitude : membangun sikap mental professional dan kegembiraan.

 Di area ini, kita juga bisa bermain Flying fox yang panjangnya mencapai 480 meter dan setinggi sekitar 7 lantai gedung bertingkat. Seru, kan?

6. Archery Battle. Keseruan lain yang kita bisa nikmati adalah memanah. Olah raga ini berguna untuk melatih kesabaran dan konsentrasi. Sebenarnya, wahana Archery Battle baru dibuka pada bulan Maret 2018. Dibukanya wahana ini, masyarakat dapat berkompetisi dengan membuat kelompok. Terletak di area Allianz Ecopark.

7. Paintball. Dengan luas 1,5 hektar, kita bisa bermain di zona Battle Savana, Battle Village, dan Battle Field, setiap zonanya memakan wktu 60 menit.

Battle Savanna, berupa bidang di atas rumput yang menggelar gundukan rumput sebagai barikade tempurnya. Di area battle ini, kita seolah-olah berada di dalam situasi perang: tiarap, bersembunyi di balik semak atau mobil yang hancur, dan menyusun strategi. Sedankan, Battle Village merupakan permainan perang yang dibentuk berada di perkampungan. Rimbun pepohonan, bunker pasir, drum bekas, tumpukan kayu, dan lainnya, bakal membuat kita belajar taktik perang dan kekompakan tim. Zona ketiga, Battle Field, suasananya lebih mencekam, dan kita bakal menemukan gerbong Kereta dan danau alami.

                Permainan ini juga ada wasitnya, asyik, nggak, tuh?

8. Rumah Lebah. Selain dapat berinteraksi langsung dengan penghuninya, para lebah, kita bisa mengenal berbagai jenis lebah, pola hidup, manfaat, dan pengetahuan lain terkait lebah. Yang lebih seru, kita bisa mengetahui cara memanen madu tanpa merusak sarang lebah dan penggunaan alat ekstraksi madu. Siapa tahu setelah bermain di Rumah Lebah, traveler jadi punya keinginan membuka usaha madu.

Traveling memang indah namun akan semakin indah bila diisi dengan nilai edukasi dan budaya.

Keterangan Foto Cover: Ava, Elang Bondol bersama Lauren. Fotografer: Rio Motret.

“People don’t take trips, trips take people.” ~ John Steinbeck

Related Posts

Leave a Reply

X