Destinasi Wisata

Keindahan Savana Puru Kambera Sumba

Tanah Sumba memang tak perlu diragukan lagi soal alam, budaya dan pesonanya. Bahkan, saya pikir Sumba adalah sebuah daerah yang dianugerahi Tuhan dengan berbagai keindahan wisata alam yang super duper lengkap. Ada air terjun unik, danau cantik, pantai ciamik, bukit-bukit menawan hingga savana yang begitu eksotis. Dan dari sekian banyak destinasi wisata yang ada di dalamnya, ada salah satu yang sangat rupawan. Yaitu Savana Puru Kambera Sumba.

Savana Puru Kambera Sumba, memang terdengar asing bagi sebagian orang. Tapi savana yang eksotis ini cukup terkenal kok di kalangan pelancong. Sebab memiliki nama yang sama dengan pantai di Sumba Timur. Yakni Pantai Puru Kambera.

Savana Puru Kambera Sumba. Image BY: Indonesia Kaya

Savana Puru Kambera Sumba, Permata di Tanah Sumba

Berbicara tentang Savana Puru Kambera Sumba, rasanya belum lengkap kalau belum menjelaskan tentang savana itu sendiri. Savana merupakan padang rumput yang diselingi oleh gerombolan pepohonan. Atau bisa juga diartikan sebagai hamparan rumput luas tempat berbagai ekosistem berkumpul saling berinteraksi. Jadi, kalau Savana Puru Kambera Sumba, ya sudah jelas savana dengan vegetasi khas Sumba seperti kuda-kuda liarnya. Sehingga jika berkunjung ke sini kamu dapat menemukan sekumpulan kuda di alam liarnya.

Wah, keren nggak, sih ? Banget! Terlebih, dari Savana Puru Kambera Sumba ini juga kamu dapat menjajaki keindahan Pantai Puru Kambera yang hanya berjarak 2—3  kilometer. Yang mana pantainya sangat luas dan disertai dengan buliran pasir putih bak mutiara di Tanah Sumba.

Oke, kembali lagi ke Savana Puru Kambera Sumba, adapun kegiatan yang dapat kamu lakukan di sini: mengexplorasi alamnya yang begitu memukau. Kamu juga bisa memilih view sesuai waktu berkunjung, sebab Savana Puru Kambera Sumba akan berwarna kuning saat musim kemarau, serta hijau pada musim penghujan. Tak usah bingung memilih waktu yang tepat, sebab kedua waktu tersebut sama-sama menyuguhkan pemandangan yang indah tiada tara.


Savana Puru Kambera Sumba. Image BY: Indonesia Kaya

Usai mengexplorasi alamnya, kamu dapat bermain dengan kuda-kuda yang berkeliaran bebas. Atau mungkin memberi makan mereka. Akan tetapi, kuda-kuda tersebut lebih banyak kamu temukan saat musim kemarau, atau saat savana sedang menguning. Dan, jika kamu memang menyukai kuda-kudanya, harus tetap bersikap sopan, ya! Sebab Kuda-kuda di Savana Puru Kambera Sumba sangatlah peka. Jadi, jangan sampai kudanya malah menjauhimu.

Nah, sekarang kamu tak perlu bertanya lagi kenapa para pelancong menjadikan Savana Puru Kambera Sumba sebagai destinasi utama mereka saat menapaki Tanah Sumba. Sebab, Savana Puru Kambera Sumba memang menyimpan sejuta keindahan yang sangat mempesona. Dan tentunya hanya ada di Indonesia.



Savana Puru Kambera Sumba. Imageby: Indonesia Kaya

So, sudah cinta belum sama Indonesiamu ini ? Jika sudah, tunggu apalagi ? Kini saatnya kita mengeksplorasi dan menghargai Tanah Air kita sendiri. Dan kamu hanya perlu mengambil penerbangan menuju Waingapu. Kemudian melanjutkan perjalanan sejauh 25 km dari pusat kota Waingapu dengan menggunakan kendaraan pribadi. Sebab di sini belum terdapat angkot dan kendaraan umum yang bisa mengantar kesana. Adapun waktu tempuhnya: sekitar 1 jam.

Wah, lumayan juga, ya? Yups, tapi tak perlu khawatir sebab Tanah Sumba akan menyuguhkanmu berupa perbukitan lanskap yang saling bersambung tak putus-putus. Hal ini tentu saja karena Sumba memiliki topografi berupa perbukitan cantik. Jadi, sepanjang perjalanan kamu pasti tak akan bosan menatap keagungan tuhan yang begitu menawan. Tentukan waktumu, ambil ransel, dan saatnya berangkat.

Ditulis oleh: Maya Nirmala Sari

“The gladdest moment in human life, me thinks, is a departure into unknown lands” ~ Sir Richard Burton

Related Posts

Leave a Reply

X