Destinasi Wisata

Menapaki Sejarah Kerajaan Gorontalo di Benteng Otanaha

Provinsi Gorontalo dikenal sebagai daerah yang memiliki banyak wisata sejarah yang seringkali menjadi viral di media sosial. Kalau kamu mengunjungi Gorontalo, kamu bisa menapaki sejarah Kerajaan Gorontalo di Benteng Otanaha. Benteng Otanaha Gorontalo merupakan saksi dari perkembangan Provinsi Gorontalo dari masa ke masa.

Sejarah Benteng Otanaha Gorontalo

Ngomong-ngomong soal Benteng Otanaha Gorontalo, tentunya kita akan mendengar beberapa peninggalan-peninggalan bersejarah yang tidak bisa dilepaskan dari Kerajaan Gorontalo. Gorontalo dan Limboto dahulunya merupakan suatu genangan air yang terhubung ke laut. Kondisi ini membuat kapal-kapal besar bisa dengan mudah bersandar.

Benteng Otanaha dibangun Portugis pada abad 15 atas permintaan Raja Ilato (Matolodolakiki) yang berkuasa di antara tahun 1505-1585. Raja Italo ini memiliki 3 orang anak, yang terdiri dari 2 orang putri dan 1 orang putra. Putranya itu bernama Ndoba, Naha, dan Tiliaya. Pembangunan benteng ini merupakan bagian dari pakta kerja sama pertahanan antara Gorontalo dan Portugis untuk mengusir bajak laut.

Benteng Otanaha, Destinasi Gorontalo - www.indoepic.com
Benteng Otanaha, Destinasi Gorontalo . Image by: lihat di sini

Akan tetapi, sayangnya Portugis menyalahgunakan kesepakatan ini. Rakyat dan pasukan Ndoba dan Tiliaya kemudian bangkit berperang untuk mengusir Portugis dari tanah Gorontalo. Nama Otanaha diambil dari kata ‘ota’ yang artinya benteng dan kata ‘naha’ yaitu orang yang menemukan benteng ini. Jadi Otanaha kurang lebih artinya benteng yang ditemukan oleh Naha.

Benteng yang berdiri sejak tahun 1552 Masehi ini konon dibuat dengan material semen yang tidak biasa, loh. Selain pasir dan batu kapur, ada bahan lain yang unik untuk membangun benteng ini. Menurut cerita-cerita yang berkembang liar di lingkungan sekitar, Benteng Otanaha Gorontalo dibuat dan direkatkan dengan telur Burung Maleo. Kendati materialnya terbuat dari telur burung, kekuatan Benteng Otanaha sendiri sangat luar biasa. Inilah yang membuat Benteng Otanaha tetap berdiri sampai sekarang ini.

Benteng Otanaha, Destinasi Gorontalo. Image by: Profil lihat di sini

Lokasi & Harga Tiket Masuk Benteng Otanaha

Benteng Otanaha terletak di perbukitan Dembe I, Kota Barat, Provinsi Gorontalo, Pulau Sulawesi. Untuk ke lokasi ini, kamu bisa menjangkaunya dari pusat kota Gorontalo sejauh 8 km. Dengan menggunakan bentor atau becak motor, waktu tempuhnya kurang lebih sekitar 20 menit.

Untuk memasuki kawasan Benteng Otanaha Gorontalo, tidak ada biaya tiket masuk. Hanya saja kamu perlu sedikit melakukan perjuangan. Hal ini lantaran akses menuju Benteng sendiri yang bisa dibilang cukup sulit. Kita perlu melakukan sedikit pendakian.

Letak Benteng Otanaha Gorontalo berada di bukit. Untuk menuju ke tempat ini kita harus menyusuri beberapa anak tangga. Jumlah anak tangga ini bisa mencapai 300 anak tangga lebih. Tapi tenang, kamu bisa istirahat kok di beberapa anak tangga yang sudah tersedia. Tidak terlalu susah untuk mendaki anak tangga itu. Ada banyak keseruan yang bakalan kamu dapatkan.

Benteng Otanaha - Gorontalo - www.indoepic.com
Benteng Otanaha, Destinasi Gorontalo. Image by: Profil lihat di sini

Semua lelah selama perjalanan akan terbayar dengan keindahan yang bisa kamu nikmati dari puncak benteng. Sesampainya dipuncak benteng, kamu akan disuguhi pemandangan perbukitan Gorontalo yang sangat menawan. Perbukitannya hijau, dipenuhi dengan beberapa vegetasi hutan heterogen yang masih sangat rapat. Buat foto-foto, Benteng Otanaha cukup instagenic. Beberapa spot foto yang ada di tempat ini keliatan klasik banget. Kalau kamu upload foto-foto itu di medsos, pasti banyak orang-orang yang bakalan suka.

Jadi gimana? Kamu tertarik bukan untuk datang ke tempat wisata Benteng Otanaha Gorontalo. Jangan lupa untuk tetap menjaga kelestariannya dan tidak membuang sampah sembarangan. Selamat berlibur!

Ditulis oleh: Maya Nirmala Sari

Foto Cover: BfotoKlub

“Better to see something once than hear about it a thousand times”

Related Posts

Leave a Reply

X