Destinasi Wisata

Sipelot, Pesona Air Terjun Di Pantai

Bersantai di pantai sudah pasti menikmati hamparan pasir dengan biru air laut. Di Pantai Sipelot yang masih perawan ini, kamu tak hanya melihat indahnya laut, bisa sekaligus main aliran air terjun yang sangat jernih. Yuk, ke Malang!

Pantai Sipelot

            Pantai ini terasa sejuk alami karena dikelilingi perbukitan kapur yang terlihat kehijauan dengan pepohonan rimbun. Memiliki panjang kurang lebih 2 km. Biasanya, wisatawan akan memenuhi sisi kanan dan kiri pantai sedangkan bagian tengah diisi jejeran perahu nelayan yang sedang berlabuh.

Mengapa bernama Sipelot? Berasal dari bahasa Belanda “Spelot” yang artinya persinggahan. Menurut cerita yang berkembang di masyarakat, dulu ketika masa penjajahan Belanda, pantai ini sering dijadikan sebagai persinggahan.

Rute

            Pantai Sipelot terletak di Desa Pujiharjo, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Dari Malang, kamu bisa mengarah ke Gadang lalu lanjut ke Turen hingga sampai Kecamatan Dampit, nantinya akan ada petunjuk untuk sampai Kecamatan Tirtoyudo. Dari situ, perhatikan penunjuk jalan di sebelah kanan ke Pantai Sipelot yang mengarah ke Desa Pujiharjo.

            Akses menuju Pantai Sipelot cukup terbantu dengan banyaknya papan penunjuk jalan yang terpasang. Saat berkendara, kamu harus berhati-hati karena jalan yang ditempuh berkelok, sempit, dan curam. Sayang sekali belum ada transportasi umum untuk sampai di Pantai Sipelot. Baiknya, dari Malang kamu menyewa motor atau mobil untuk sampai ke lokasi. Biarpun perjalanan yang dilalui lumayan jauh, pemandangannya cantik lho! Tambak udang, kebun kopi, dan kebun pisang yang luas. Sangat menyejukkan mata termasuk tebing curamnya. Samudera Hindia pun dapat terlihat dari atas bukit. Perbukitan di kanan kiri jalan itu sempat menjadi hutan lindung pada era 1998.

Pantai Sipelot – Image: Jejak Piknik

Ombak Pantai Sipelot cukup ganas, sebaiknya hindari berenang ke tengah lautan untuk mencegah datangnya ombak yang tiba-tiba menggulung. Jangan khawatir, pantai ini memiliki cerukan di sebelah kanan dan kiri yang membuat ombak datang menjadi tidak terlalu besar, jadi kamu akan tetap aman bermain air.

Di bagian ujung pantai sebelah timur terdapat air payau yang memiliki warna kehijauan. Muara kecil di ujung timur pantai ini pasti akan membuatmu betah berlama di sini untuk bermain air. Sungai yang menyediakan air tawar ini bisa dimanfaatkan untuk merebus, memasak, dan mandi. Di sebelah muara ini ada tebing tinggi dengan bongkahan batu-batu besar. 

Air Terjun Sipelot

            Biarpun kamu gak bisa berenang ke tengah laut karena ombak ganasnya air laut Sipelot, jangan kecewa, kamu bisa mengunjungi Coban Sipelot, begitu masyarakat setempat menyebut air terjun ini. Coban Sipelot ini berada di barat pantai dengan ketinggian mencapai 10 m. Aliran air dari Coban Sipelot berasal dari balik bukit. Nah, inilah asyiknya ke Pantai Sipelot, kamu disuguhi dua pemandangan sekaligus yaitu laut dan air terjun.            Menuju Coban Sipelot ini, kamu harus berjalan kaki mengikuti jalan setapak di arah bukit bagian barat. Kendaraanmu bisa dititipkan di rumah penduduk sekitar. Kalau kamu punya budget lebih, akan lebih praktis menyeberangi teluk dengan tarif Rp25.000 hingga Rp50.000.

Pantai Sipelot – Image : Jejakpiknik

Aktivitas

Tak hanya menyajikan keindahan pantai dan air terjun, kamu jangan langsung pulang setelah bermain air! Coba nikmati keindahan matahari dengan bermalam di sini pasti menyenangkan. Tenggelam dan terbitnya matahari bisa kamu pandangi di Sipelot dengan berkemah. Belum adanya penginapan, membuat para wisatawan menginap dengan mendirikan tenda. Menghabiskan waktu untuk singgah di sini dalam waktu agak lama ditemani suara deburan ombak dengan anginnya akan sangat mengademkan hati bukan? Jangan lupa sambil menyantap ikan bakar dan teh!

Mengabadikan momen di Sipelot dengan foto dan video wajib kamu lakukan karena indahnya suasana di sini. Saat bersantai di pinggir pantai, minum es kelapa, ya! Kalau ingin snorkeling, kamutinggal menyewa peralatannya yang sudah tersedia.

Tak hanya itu, kamu bisa melihat fenomena unik bernama Watu Gedek, yaitu sebuah karang yang bentuknya mirip dengan dinding yang terbuat dari anyaman bambu. Kamu juga bisa menikmati indahnya laut dengan bersantai naik sampan.

Pantai Sipelot – Image : Ngalam

Fasilitas

Fasilitas di Pantai Sipelot masih sederhana. Tempat parkirnya cukup luas dengan MCK dan tempat ibadah.Pantai ini buka 24 jam. Walau Pantai Sipelot ini merupakan pantai yang cukup sepi, banyak kok pedagang atau warung-warung kecil yang menjual makanan. Ada ikan bakar, mie instan, dan bakso. Harganya cukup terjangkau. Untuk memasuki wilayah pantai ini tidak dikenakan tiket. Meskipun tak ada biaya tiket, jaga keindahan dan kebersihan pantainya, ya!

DItulis oleh: Oase Kirana Bintang

Foto Cover Artikel: Jejak Piknik

“The real voyage of discovery consists not in seeking new landscapes, but having new eyes.” ~ Marcel Proust

Related Posts

X