Destinasi Wisata

Pameran Seni teamLab Future Park Jakarta, Gandaria City

Seni digital mulai semarak dipertunjukan di Ibukota, Jakarta. Kemajuan tekonologi yang semakin maju menambah ruang presentasi untuk menikmati seni. Dan yang bakal menjadi hits tahun ini di Jakarta adalah TeamLab Future Park and Animals of Flowers, Symbiotic Lives. Sebuah pameran seni interaktif dengan konsep bermain dan edukasi. Digelar pada tanggal 20 Juni – 20 Desember 2019, Lantai 2, Ganadaria City, Jakarta Selatan.

Sebenarnya seni digital bukan barang baru di dunia termasuk Indonesia. Animasi, salah satu contoh kolaborasi seni dan digital yang sudah kita nikmati. Seni digital yang berupa program komputer menggunakan prinsip kesenian pertama kali dihasilkan dari karya Joan Shogren, dan dipamerkan di San Jose, California pada tanggal 6 Mei 1963.

Akitae Matsumoto – CEO teamLab Kids, teamLab Future Park. by indoepic.com
Akitae Matsumoto – CEO teamLab Kids, teamLab Future Park

Kemudian, Seni Digital merupakan seni kontemporer mulai ramai pada era tahun 70-an. Kehadirannya menambah pengalaman baru bagi manusia, yaitu menikmati seni dengan melihat, mendengar, dan menyentuhnya secara langsung (fisik). Sehingga terjadi interaksi antara manusia dan karya seni tersebut, bahka

“Pengunjung bisa bermain dengan teman, keluarga, dan pengunjung lain, dan itu akan lebih menyenangkan. Disitulah pengalamannya,” ujar Akitae Matsumoto – CEO teamLab Kids, teamLab Future Park.

TeamLab Future Park and Animals of Flowers, Symbiotic Lives – Future Park Jakarta menggelar 5 instalasi karya seni yang terdiri dari:

  • Animals of Flowers, Symbiotic Lives. Pada instalasi ini, pengunjung akan melihat ragam hewan dan bunga. Jika pengunjung menyentuh tubuh hewan-hewan yang sedang berjalan, maka tubuh tersebut akan rontok dan menjadi bunga-bunga yang bertebaran. Kemudian bunga-bunga akan semakin berpisah dan menjauh, begitu pula yang terjadi pada hewan. “Apa yang manusia lakukan akan berdampak pada semesta,” begitulah kira-kira makna dari karya ini.
Animals of Flowers, Symbiotic Lives
  • Graffiti Nature: Lost, Immersed and Reborn. Tersesat, terbenam dan terlahir kembali, ekosistem digambarkan pada karya instalasi ini. Yang unik adalah pengunjung dapat menggambar berbagai hewan yang dipilihnya. Pengunjung akan menyaksikan hewan yang digambarnya mati dan sirna, atau melahap hewan lain, kondisi tersebut mengikuti gerak tubuh pengunjung.
  • Sliding through the Fruit Field. Pengunjung bakal berteriak bila meluncur dari bidang miring (tanah miring) sembari terpana melihat bola dan bunga-bunga yang bertebaran. Di sini pengunjung mempunyai peran sebagai matahari (pemberi energi), yang bersentuhan dengan bola. Kemudian bola itu menerima transfer energi dari pengunjung, dan tumbuhlah buah-buahan (dari benih yang ditaburkan bola). Seru, ‘kan?
Sliding through the Fruit Field.
Sliding through the Fruit Field.
  • Skecth Aquarium. Instalasi yang mengajak pengunjung mewarnai salah satu hewan laut yang dipilih. Setelah mewarnai selesai, gambar di-scan, lalu di layar akan muncul hewan yang sebelumnya diberi nama oleh pengunjung sendiri. Hewan laut milik pengunjung akan berenang-renang dengan hewan milik pengunjung lain dan ragam makhluk laut. Sangat menyenangkan!
  • Light Ball Orchestra. Bola-bola berwarna-warni dan bercahaya bakal menggelinding dengan mengeluarkan suara-suara orkestra. Bola yang pengunjung gerakan, jika bersentuhan dengan bola lain, maka muncullah suara orkestra tersebut.
Light Ball Orchestra.

Bagaimana dengan penjelasan singkat 5 karya instalasi di atas? Penasaran, bukan? Kamu bisa membeli tiket secara online di https://sgvlive.com atau membeli langsung di booth Future Park Jakarta, Gandaria City.

Mumpung masih ada soft opening promo (22 Juni – 30 Juni 2019) harga pada hari biasa Rp.150.000,- per orang dan pada hari libur sebesar Rp.175.000,- Setiap hari Pameran Seni Interaktif teamLab Future Park akan hanya ada 8 sesi (maks 1.5 jam/kelompok). Jadi jangan lupa agar memperhatikan jadwaknya, ya.

Tiket Future Park Jakarta


Digital art is a contemporary art formwhere computer technology is manipulated to create distinctive works

~
The Columbia Electronic Encyclopedia

Related Posts

X